ENSIKLOPEDIA PRODUK PANGAN INDONESIA Jilid 1

Isi buku ini adalah berbagai ragam produk pangan Indonesia yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Berbagai produk pangan Indonesia ini dikumpulkan oleh para pakar bidang teknologi pangan di Indonesia yang tergabung dalam Perhimpunan Ahli Teknologi Pangan Indonesia (PATPI). Ahli teknologi pangan (anggota PATPI) merasa berkewajiban untuk melakukan inventarisasi produk pangan yang terdapat di seluruh Indonesia sebagai sumbangsih terhadap masyarakat Indonesia. Tulisan dalam buku ini sedapat mungkin mengangkat pangan tradisional dari Indonesia dengan pengayaan sentuhan teknologi pangan. Harapannya adalah pangan Indonesia dapat lebih maju sehingga memberikan nilai tambah berupa keawetan, sifat sensori, dan ekonomi. Sebagian klaim yang tertulis masih merupakan hal-hal yang dipercaya masyarakat setempat karenanya membutuhkan penelitian atau dasar ilmiah untuk membuktikannya.

Buku ini memuat 134 judul produk pangan Indonesia sebagai kontribusi dari 94 orang penulis. Produk Pangan dalam Ensiklopedia Produk Pangan Indonesia ini dibagi per bab menurut jenis teknologinya, antara lain adalah: Teknologi Fermentasi, Teknologi Pemanggangan; Teknologi Pengeringan, Intermediate Moisture Food / Pangan Semi Basah, Teknologi Penggorengan, Teknologi Sterilisasi/ Pasteurisasi, Teknologi Pengemasan, Teknologi Ekstraksi, Aneka Teknologi, dan berbagai jenis Produk Pangan Siap Saji. Buku ini dilengkapi dengan profil kontributor sehingga diharapkan pembaca dapat terhubung dengan kontributor penulisnya.

Sebagai bentuk pengabdian keilmuan kepada masyarakat, PATPI dengan bangga mempersembahkan buku “Ensiklopedia Produk Pangan Indonesia” Jilid 1 yang dapat diakses secara free (open access) melalui tautan berikut ini: Ensiklopedia Produk Pangan Indonesia_Jilid 1

Semoga bermanfaat..!