Pertemuan Tahunan PATPI dan The 2nd International Conference on Food Technology and Nutrition 2023

Perhimpunan Ahli Teknologi Pangan Indonesia (PATPI) menyelenggarakan rangkaian kegiatan the 2nd International Conference on Food Technology and Nutrition (IC-FTN) 2023 pada 2 – 4 November 2023 di Prama Sanur Beach Hotel, Bali.  Rangkaian acara diawali kegiatan Seminar dan Workshop Diseminasi – Kebijakan Program Manajemen Resiko (PMR) Sarana Produksi Pangan Steril Komersial, program kerjasama antara PATPI dan BPOM RI   dan didukung PT Sasa Inti.  Seminar dan diseminasi ini menghadirkan 5 narasumber yang kompeten, dan dibuka oleh Deputi III Bidang Pengawasan Pangan Olahan BPOM RI, Ibu Rita Endang, Apt., M.Kes., sekaligus anggota Dewan Penasehat PATPI.  Hadir dalam acara ini adalah perwakilan 25 cabang PATPI dari seluruh Indonesia dan 15 perwakilan pelaku usaha Pangan Steril Komersial (perusahaan besar dan UKM) yang berasal dari Bali dan sekitarnya.

PMR adalah program yang disusun dan dikembangkan untuk menjamin keamanan dan mutu pangan melalui pengawasan berbasis risiko secara mandiri oleh industri pangan.  PMR merupakan salah satu breakthrough Badan POM yang memanifestasikan implementasi Risk-Based Preventive Food Safety Control dengan menitikberatkan pada pengendalian faktor risiko keamanan pangan sebelum produk beredar di pasaran, dalam hal ini melalui pengakuan terhadap kemandirian industri dalam menjamin keamanan produknya sekaligus sebagai upaya optimalisasi pilar produsen dalam tiga pilar pengawasan keamanan pangan.

Gambar 1. Foto Bersama setelah acara workshop/seminar PMR

Subyek dari penerapan PMR ini adalah industri pangan, namun dengan begitu luasnya wilayah Indonesia dan begitu banyaknya industri pangan di Indonesia mulai dari skala besar, menengah hingga skala kecil, maka diperlukan Langkah-langkah yang strategis melalui kolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan terkait. PATPI sebagai perkumpulan para ahli teknologi pangan yang memiliki cabang dan sebaran anggota di seluruh wilayah Indonesia tentu memiliki tanggung jawab moral dan sosial untuk turut mewujudkan program manajemen risiko tersebut.

Setelah seminar dan workshop pada, pertemuan dilanjutkan dengan kegiatan Annual Meeting PATPI yang dihadiri oleh Ketua Umum dan jajaran Pengurus PATPI Pusat, serta 25 Ketua Cabang atau yang mewakili dari total 33 cabang. Dalam kegiatan ini, Pengurus PATPI Pusat periode 2022-2026 melaporkan kegiatan/program kerja yang telah terealisasi dalam satu tahun periode kepengurusan dan rencana kegiatan pada tahun-tahun mendatang. Dalam acara ini juga diputuskan dan disepakati juga estafet penyelenggaraan IC-FTN berikutnya pada tahun 2025 di Samarinda, Kalimantan Timur.

Gambar 2. Foto bersama pengurus PATPI Pusat dan Cabang setelah acara annual meeting PATPI

Acara inti rangkaian pertemuan PATPI tahun ini yaitu the 2nd IC-FTN 2023 tanggal 3-4 November 2023 diorganisasi oleh PATPI cabang Denpasar, yang dipimpin oleh Dr. Ir. Komang Ayu Nocianitri, M.Agr.Sc dan Prof. Ir. Nyoman Semadi Antara, MP., Ph.D. sebagai Ketua Organizing Committee. Pidato sambutan disampaikan oleh Prof. Dr. Ir. Giyatmi, MSi selaku Ketua Umum PATPI, dilanjutkan pembukaan konferensi secara resmi oleh Penjabat Rektor Universitas Udayana. Konferensi 2 hari tersebut menghadirkan 4 keynote speakers serta 7 invited speakers dari dalam dan luar negeri. Peserta konferensi datang dari berbagai universitas dan lembaga penelitian seluruh Indonesia bahkan mancanegara, yang secara parallel mempresentasikan ragam hasil risetnya secara oral dan poster dalam 6 kategori, yaitu: (i) Current Trend in Food Technology and Nutrition, (ii) Food Processing and Engineering, (iii) Food Fermentation and Biotechnology, (iv) Culinary and Gastronomy, (v) Food Chemistry and Functional Food, serta (iv) Food Safety, Quality, and Policy.

Gambar 3. Foto bersama perserta 2nd IC-FTN 2023

Gambar 4. Foto bersama penerima PATPI Award 2023

Pada sesi penutup PATPI Pusat mewarnai dengan menampilkan para pemenang lomba National Food Product Development Competition (NFPDC), Graduate Student Research Paper Competition (GSRPC), serta PATPI Award 2023. PATPI Pusat juga memberikan penghargaan Exemplary Award kepada Prof. Ir. M. Aman Wirakartakusumah, M.Sc., Ph.D, sebagai anggota PATPI pertama yang menjadi President of International Union of Food Science and Technology (IUFoST).  Penghargaan serupa juga diberikan kepada Prof. Dr. Ir. Ratih Dewanti-Hariyadi, MSc sebagai Fellows of International Academy of Food Science and Technology (IAFoST). PATPI juga memberikan apresiasi kepada Prof. Dr-Ing Aziz Boing Sitanggang dan Dr. Rachma Wikandari, S.TP., M.Biotech, PhD sebagai penerima Young Scientist Award 2022 dari IAFoST.

Gambar 5. Foto Ketua Umum PATPI (Prof Giyatmi) memberikan Exemplary Award PATPI kepada Prof Aman